Kamis, 10 Oktober 2013

Enterobacter aerogenes



1.Enterobacter aerogenes

Gram-negative, oxidase negative, catalase positive, citrate positive, indole negative, rod-shaped bacterium.
Enterobacter aerogenes, juga dikenal sebagai Aerobacter aerogenes, adalah anggota dari keluarga Enterobacteriaceae. Keluarga ini termasuk E coli, salmonella, shigella dan Klebsiella. Enterobacter aerogenes terutama menyebabkan infeksi nosokomial, yang lulus dari satu pasien ke yang lain dikompromikan.
Karakteristik
Enterobacter aerogenes adalah gram negatif (noda merah muda dengan pewarnaan Gram) bakteri. Ini adalah kecil, berbentuk batang bakteri yang tumbuh di halus, bulat, koloni putih. Kadang-kadang, tetapi tidak selalu, bakteri motil. Enterobacter aerogenes adalah bakteri di mana-mana di lingkungan, ditemukan secara alami dalam tanah, air segar, sayuran dan kotoran manusia dan hewan.
Penyakit Presentasi
Enterobacter aerogenes dapat menyebabkan infeksi di banyak bagian tubuh manusia. Hal ini sering merupakan penyebab infeksi pernapasan bawah, termasuk pneumonia. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan infeksi kulit dan jaringan di bawahnya. Ini mungkin hadir sebagai selulit, nekrotikans, abses atau pasca-operasi infeksi luka. ika bakteri mencapai darah (bakteremia), dapat menyebabkan sepsis. Jarang, bakteri memasuki cairan serebrospinal, yang mengarah ke meningitis. Enterobacter aerogenes keseluruhan memiliki tingkat kematian rendah (10,2 persen), dengan masalah medis yang mendasari meningkatnya risiko kematian.
Faktor Risiko
Enterobacter aerogenes adalah patogen oportunistik. Kebanyakan individu yang mengembangkan infeksi memiliki kondisi medis yang ada yang membuat lebih mudah bagi bakteri untuk tumbuh dan menyebar. Enterobacter aerogenes sering rumah sakit-memperoleh infeksi, terutama pasien di unit perawatan intensif atau pada ventilator mekanis. Faktor risiko lain untuk infeksi termasuk penggunaan antibiotik sebelumnya (hal ini dapat mengurangi bakteri alami yang bersaing dengan Enterobacter aerogenes), infus atau garis pusat, dan luka bakar. Enterobacter aerogenes lebih sering mempengaruhi bayi yang baru lahir dan orang tua. Enterobacter aerogenes lebih sering mempengaruhi bayi yang baru lahir dan orang tua. Bakteri sering merupakan bagian dari infeksi polymicrobial, berbagi sebuah situs infeksi dengan bakteri spesies lain.
Pengobatan
Pengobatan antimikroba yang sesuai untuk hampir semua infeksi Enterobacter aerogenes dengan. Beta-laktam, fluoroquinolones, aminoglikosida dan TMP-SMZ semua dapat pengobatan yang efektif. Sebagian besar strain bakteri yang resisten terhadap satu atau lebih dari perawatan ini potensial, sehingga organisme harus diketik dan diuji untuk kerentanan sebelum pengobatan dimulai.
Resistensi Antibiotik
Resistensi terhadap beta-laktam adalah umum, sebagai beta-laktamase produksi (enzim yang memecah beta-laktam) dapat diinduksi pada bakteri terkena antibiotik ini. Enterobacter aerogenes juga sering mengembangkan resistansi terhadap pertama, kedua dan sefalosporin generasi ketiga selama pengobatan.

e.cloacea
Spesies Enterobacter, khususnya Enterobacter cloacae dan Enterobacter aerogenes, merupakan patogen nosokomial yang penting bertanggung jawab untuk berbagai infeksi, termasuk bakteremia, infeksi saluran pernafasan, kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran kemih (UTI), endokarditis, infeksi intra-abdomen, septik artritis , osteomielitis, dan infeksi mata. Spesies Enterobacter juga dapat menyebabkan berbagai infeksi yang didapat masyarakat, termasuk ISK, kulit dan infeksi jaringan lunak, dan infeksi luka, antara lain.

Faktor risiko untuk infeksi nosokomial meliputi rawat inap Enterobacter lebih besar dari 2 minggu, prosedur invasif dalam 72 jam terakhir, pengobatan dengan antibiotik dalam 30 hari terakhir, dan adanya kateter vena sentral. Faktor risiko spesifik untuk infeksi nosokomial dengan multidrug-resistan terhadap spesies Enterobacter termasuk penggunaan baru-baru ini spektrum luas sefalosporin atau aminoglikosida dan perawatan ICU.

Ini "ICU bug" menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang signifikan, dan manajemen infeksi rumit oleh beberapa resistensi terhadap antibiotik. Spesies Enterobacter diinduksi memiliki beta-laktamase, yang tidak terdeteksi secara in vitro tetapi bertanggung jawab untuk ketahanan selama pengobatan. Dokter mengobati pasien dengan infeksi Enterobacter disarankan untuk menghindari antibiotik tertentu, terutama generasi ketiga sefalosporin, karena mutan tahan dapat dengan cepat muncul. Langkah penting pertama adalah identifikasi yang tepat dari bakteri. Antibiograms harus ditafsirkan sehubungan dengan mekanisme ketahanan yang berbeda dan frekuensi masing-masing, seperti yang dilaporkan untuk spesies Enterobacter, bahkan jika rutin di uji kerentanan antibiotik in vitro belum mengidentifikasi perlawanan.

Enterobacter cloacae adalah Enterobacter paling umum spesies yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Bakteri ini tersebar luas di air, kotoran dan tanah, dan dalam tinja orang sehat. Mereka adalah patogen oportunistik dan infeksi penyebab luka, saluran kemih dan saluran pernapasan. Mereka kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi darah dan otak, terutama pada individu immunocompromised. Antibiotik merupakan andalan pengobatan untuk infeksi ini. Tujuan terapi adalah untuk membasmi infeksi dan untuk mencegah

Baca lebih lanjut:
antibiotik

Menurut John Hopkins Point Care Teknologi Informasi Pusat, Enterobacter cloacae memiliki kecenderungan untuk mengembangkan resistensi selama pengobatan dan karenanya, setidaknya dua antibiotik harus diresepkan secara bersamaan untuk infeksi yang serius. Antibiotik dipilih berdasarkan tes yang menunjukkan regangan yang bertanggung jawab untuk infeksi. Antibiotik yang umum digunakan termasuk piperasilin-tazobactam, aminoglikosida seperti gentamisin dan fluoroquinolones seperti ciprofloxacin.

Untuk infeksi serius, antibiotik harus diberikan secara intravena setiap enam sampai delapan jam sampai demam reda, setelah itu obat dapat diberikan secara lisan. Untuk infeksi ringan, pemberian oral setiap enam sampai delapan jam selama 14 hari dapat membantu menyembuhkan infeksi.
operasi

Point John Hopkins Care Center Informasi merekomendasikan penghapusan instrumen seperti kateter, garis IV atau tabung endotrakeal jika mereka terinfeksi dan diduga menjadi penyebab infeksi atau jika mereka telah menjadi terinfeksi. Prosedur invasif lainnya termasuk drainase abses dan penghapusan dari jaringan yang terinfeksi. Kriteria untuk prosedur bedah termasuk tingkat keparahan infeksi dan ukuran daerah yang akan dioperasi.
Intravena (IV) Terapi

Enterobacter cloacae infeksi, terutama yang dari aliran darah dapat mengakibatkan tekanan darah rendah dan syok. Intravena (IV) cairan seperti garam, natrium klorida yang sebesar 0,9 persen konsentrasi, diberikan kepada pasien tersebut menggunakan infus intravena dan perangkat akses IV seperti jarum suntik atau tabung tipis ke dalam pembuluh darah. Antibiotik juga dapat diberikan secara intravena sebagai sarana yang lebih efektif untuk menyampaikan obat.
Read more: http://www.livestrong.com/article/194659-what-are-the-treatments-for-enterobacter-cloacae/#ixzz1fMh52tT9





















e.coli
Escherichia coli, atau biasa disingkat E. coli, adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif. Pada umumnya, bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini dapat ditemukan dalam usus besar manusia. Kebanyakan E. Coli tidak berbahaya, tetapi beberapa, seperti E. Coli tipe O157:H7, dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius pada manusia yaitu diare berdarah karena eksotoksin yang dihasilkan bernama verotoksin.[1] Toksin ini bekerja dengan cara menghilangkan satu basa adenin dari unit 28S rRNA, sehingga menghentikan sintesis protein.[1] Sumber bakteri ini contohnya adalah daging yang belum masak, seperti daging hamburger yang belum matang.[1]
E. Coli yang tidak berbahaya dapat menguntungkan manusia dengan memproduksi vitamin K2, atau dengan mencegah baketi lain di dalam usus.
E. coli banyak digunakan dalam teknologi rekayasa genetika. Biasa digunakan sebagai vektor untuk menyisipkan gen-gen tertentu yang diinginkan untuk dikembangkan. E. coli dipilih karena pertumbuhannya sangat cepat dan mudah dalam penanganannya. Negara-negara di eropa sekarang sangat mewapadai penyebaran bakteri E.Coli ini, mereka bahkan melarang mengimpor sayuran dari luar
Bakteri Escheria Coli merupakan kuman dari kelompok gram negatif, berbentuk batang dari pendek sampai kokus, saling terlepas antara satu dengan yang lainnya tetapi ada juga yang bergandeng dua-dua (diplobasil) dan ada juga yang bergandeng seperti rantai pendek, tidak membentuk spora maupun kapsula, berdiameter ± 1,1 – 1,5 x 2,0 – 6,0 µm, dapat bertahan hidup di medium sederhana dan memfermentasikan laktosa menghasilkan asam dan gas, kandungan G+C DNA ialah 50 sampai 51 mol % (Pelczar dan Chan, 1988:949) . (http://um.ac.id)
       Escherichia coli dapat tumbuh di medium nutrien sederhana, dan dapat memfermentasikan laktosa dengan menghasilkan asam dan gas (Pelczar dan Chan, 2005:169). Kecepatan berkembangbiak bakteri ini adalah pada interval 20 menit jika faktor media, derajat keasaman dan suhu tetap sesuai. (http://ksupointer.com) Selain tersebar di banyak tempat dan kondisi, bakteri ini tahan terhadap suhu, bahkan pada suhu ekstrim sekalipun. Suhu yang baik untuk pertumbuhan bakteri ini adalah antara 80C-460C, tetapi suhu optimumnya adalah 370C. Oleh karena itu, bakteri tersebut dapat hidup pada tubuh manusia dan vertebrata lainnya (Dwidjoseputro, 1978:82).
       Taksonomi Escherichia coli sebagai berikut (Dwidjoseputro, 1978:105):
   Divisi      : Protophyta
   Kelas      : Schizomycetes
Ordo      : Eubacteriales
Famili      : Enterobacteriaceae
Genus      : Escherichia
Spesies   : Escherichia coli
       Pelczar dan Chan (1988:809-810) mengatakan Escherichia coli merupakan bagian dari mikrobiota normal saluran pencernaan. Escherichia coli dipindahsebarkan dengan kegiatan tangan ke mulut atau dengan pemindahan pasif lewat makanan atau minuman. Morfologi dan ciri-ciri pembeda Escherichia coli yaitu: (1) merupakan batang gram negatif, (2) terdapat tunggal, berpasangan, dan dalam rantai pendek, (3) biasanya tidak berkapsul, (4) tidak berspora, (5) motil atau tidak motil, peritrikus, (6) aerobik, anaerobik fakultatif, (7) penghuni normal usus, seringkali menyebabkan infeksi. 
       Escherichia coli dalam usus besar bersifat patogen apabila melebihi dari jumlah normalnya. Galur-galur tertentu mampu menyebabkan peradangan selaput perut dan usus (gastroenteritis) (Pelczar dan Chan, 1988:809-810). Bakteri ini menjadi patogen yang berbahaya bila hidup di luar usus seperti pada saluran kemih, yang dapat mengakibatkan peradangan selaput lendir (sistitis) (Pelczar dan Chan, 1988:545).
       Escherichia coli dapat dipindahsebarkan melalui air yang tercemar tinja atau air seni orang yang menderita infeksi pencernaan, sehingga dapat menular pada orang lain. Infeksi yang timbul pada pencernaan akibat dari serangan bakteri Escherichia coli pada dinding usus menimbulkan gerakan larutan dalam jumlah besar dan merusak kesetimbangan elektrolit dalam membran mucus. Hal ini dapat menyebabkan penyerapan air pada dinding usus berkurang dan terjadi diare .(Pelczar dan Chan, 1988:810).

Eschericia Coli Disekitar Air Minum Kita (?)
Manusia sangat membutuhkan air dalam hidupnya, baik untuk keperluan minum, memasak mencuci, dan sebagainya. Menurut perhituingan kebutuhan, dalam satu hari, seorang dewasa membutuhkan sekitar 1,6 liter air untuk dikonsumsi, sehingga penyediaan air minum yang aman mutlak diupayakan. Bahaya laten yang selalu mengancam kita lewat media air bersih dan air minum ini adalah bakteri e-coli.Bakteri yang sangat identik dengan pencemaran tinja.
Mikroorganisme patogen yang terkandung dalam tinja dapat menularkan beragam penyakit bila masuk tubuh manusia, dalam 1 gram tinja dapat mengandung 1 milyar partikel virus infektif, yang mampu bertahan hidup selama beberapa minggu pada suhu dibawah 10 derajat Celcius. Terdapat 4 mikroorganisme patogen yang terkandung dalam tinja yaitu : virus, Protozoa, cacing dan bakteri yang umumny diwakili oleh jenis Escherichia coli (E-coli).
Menurut catatan Badan Kesehatan dunia (WHO), air limbah domestik yang belum diolah memiliki kandungan virus sebesar 100.000 partikel virus infektif setiap liternya, lebih dari 120 jenis virus patogen yang terkandung dalam air seni dan tinja.
Sebagian besar virus patogen ini tidak memberikan gejala yang jelas sehingga sulit dilacak penyebabnya. Bakteri penghuni usus manusia dan hewan berdarah panas ini telah mengkontaminasi hampir keseluruhan air baku air minum, sungai, sumur.
Setelah tinja memasuki badan air, E-coli akan mengkontaminasi perairan, bahkan pada kondis tertentu E-coli dapat mengalahkan mekanisme pertahanan tubuh dan dapat tinggal di dalam pelvix ginjal dan hati.
Sesuai Permenkes Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 Tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, dipersyaratkan bahwa angka E.coli dalam air minum adalah Nol per 100 ml air harus dipenuhi.
Sedangkan menurut baku mutu yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam PP 82/2001 tentang Pengendalian Limbah cair menyebutkan bahwa badan air yang dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum kandungan E-coli dalam 100 ml air tidak boleh lebih dari 10.000. Menurut salah satu penelitian (Kajian Dhani Arnantha staf peneliti Lembaga kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah) jumlah E-coli dalam 100 ml air Kali Mas Surabaya mencapai 1600 milyar
Berdasarkan data Depkes diketahui, persyaratan yang harus dipenuhi PDAM untuk kualitas bakteriologis air minum PDAM menggunakan indikator coliform 0 per 100 ml air. Sedangkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap 46,858 sampel air minum dari 27 propinsi pada tahun 1995 diketahui, hanya 42,5 persen yang memenuhi syarat (coliform 0 per 100 ml air). Artinya 57,5 persen air minum dari PDAM tidak memenuhi syarat (teh terkontaminasi bakteri e-coli). Faktor dominan terjadinya pencemaran air PDAM oleh bakteri e-coli adalah kebocoran pipa serta kondisi air baku.
Namun yang harus kita perhatikan dari keadaan menyangkut banyak pertanyaan, antara lain (mungkin) menyangkut klasifikasi dan managemen. Apakah PDAM kita maunya kita masukkan dalam klasifikasi air bersih atau air minum. Apabila termasuk dalam air minum, artinya saat keluar dari kran kita, air PDAM telah masuk katagori siap minum (dan itu mempersyaratkan e-coli NOL). Namun apabila sepakat kita masukkan dalam katagoriPerusahaan Daerah Air Berrsih/PDAB (tidak bisa langsung diminum) maka e-coli yang dipersyaratkan minimal 10 per 100 ml (Permenkes 416).
Pengetahuan masyarakat terhadap bakteri E. coli agaknya memang masih kurang. Bakteri jenis ini merupakan indikator utama terjadinya pencemaran suatau media oleh tinja, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagai kita.
Berikut beberapa informasi yang terkait dengan jenis bakteri ini :
Escherichia coli merupakan bakteri yang berasal dari kotoran hewan atau manusia. Oleh karena itu, dikenal juga dengan istilah koli tinja, sedangkan Enterobacter aerogenes biasanya ditemukan pada hewan atau tanam-tanaman yang telah mati. Bakteri Escherechia coli merupakan mikroorganisme normal yang terdapat dalam kotoran manusia, baik sehat maupun sakit. Dalam satu gram kotoran manusia terdapat sekitar seratus juta bakteri E. coli.
Bakteri berasal dari kata “Bakterion” (Yunani = batang kecil). Berdasarkan Klasifikasi, bakteri digolongkan dalam Divisio Schizomycetes. Escherichia coli (E. coli ) adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif, ditemukan oleh Theodor Escherich (tahun 1885). Hidup pada tinja dan menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, seperti diare, muntaber serta masalah pencernaan lainnya. Bakteri ini banyak digunakan dalam teknologi rekayasa genetika sebagai vektor untuk menyisipkan gen-gen tertentu yang diinginkan untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan karena pertumbuhannya sangat cepat dan mudah dalam penanganannya.

Secara garis besar klasifikasi bakteri E.coli , berasal dari Filum Proteobacteria, Kelas Gamma Proteobacteria, Ordo Enterobacteriales, Familia Enterobacteriaceae, Genus Escherichia, Spesies Escherichia coli. Secara morfologi E.coli merupakan kuman berbentuk batang pendek, gemuk, berukuran 2,4 µ x 0,4 sampai 0,7 µ , Gram-negatif, tak bersimpai , Bergerak aktif dan tidak berspora.
Bakteri E.coli merupakan organisme penghuni utama di usus besar, hidupnya komensal dalam kolon manusia dan diduga berperan dalam pembentukan vitamin K yang berperan penting untuk pembekuan darah.
Dari berbagai penelitian menunjukkan, beberapa galur atau strain dari bakteri E. coli juga dapat menyebabkan wabah diare atau muntaber, terutama pada anak-anak. Bakteri penyebab penyakit yang cukup berbahaya ini diklasifikasikan berdasarkan karakteristik sifat-sifat virulensinya.
Setiap kelompok dapat menyebabkan penyakit diare melalui mekanisme yang berbeda-beda. Kelompok E. coli tersebut di antaranya adalah sebagai berikut ( sebagian besar tulisan merupakan kutipan dari buku manual pemberantasan penyakit menular)
E. coli enteropatogen (EPEC)
Merupakan penyebab diare terpenting pada bayi, terutama di negara berkembang. Mekanismenya adalah dengan cara melekatkan dirinya pada sel mukosa usus kecil dan membentuk filamentous actin pedestal sehingga menyebabkan diare cair (“Watery diarrheae”) yang bisa sembuh dengan sendirinya atau berlanjut menjadi kronis.
Distribusi Penyakit ; Sejak akhir tahun 1960-an, EPEC tidak lagi sebagai penyebab utama diare pada bayi di Amerika Utara dan Eropa. Namun EPEC masih sebagai penyebab utama diare pada bayi di beberapa Negara sedang berkembang seperti Amerika Selatan, Afrika bagian Selatan dan Asia. Reservoir : - Manusia . Cara Penularan ; Dari makanan bayi dan makanan tambahan yang terkontaminasi.
Di tempat perawatan bayi, penularan dapat terjadi melalui ala-alat dan tangan yang terkontaminasi jika kebiasaan mencuci tangan yang benar diabaikan. Masa Inkubasi ; Berlangsung antara 9 – 12 jam pada penelitian yang dilakukan di kalangan dewasa. Tidak diketahui apakah lamanya masa inkubasi juga sama pada bayi yang tertular secara alamiah.
Masa Penularan ; Tergantung lamanya ekskresi EPEC melalui tinja dan dapat berlangsung lama. Kerentanan dan Kekebalan ; Walaupun fakta menunjukkan bahwa mereka yang rentan terhadap infeksi adalah bayi namun tidak diketahui apakah hal ini disebabkan oleh faktor kekebalan ataukah ada hubungannya dengan faktor umur atau faktor lain yang tidak spesifik.
Oleh karena itu diare ini dapat ditimbulkan melalui percobaan pada sukarelawan dewasa maka kekebalan spesifik menjadi penting dalam menentukan tingkat kerentanan. Infeksi EPEC jarang terjadi pada bayi yang menyusui (mendapat ASI). Diare seperti ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotika.


E. coli enterotoksigenik (ETEC)

Merupakan penyebab diare umum pada bayi di negara berkembang seperti Indonesia. Berbeda dengan EPEC, E. coli jenis ini memproduksi beberapa jenis eksotoksin yang tahan maupun tidak tahan panas di bawah kontrol genetis plasmid.
Pada umumnya, eksotoksin yang dihasilkan bekerja dengan cara merangsang sel epitel usus untuk menyekresi banyak cairan sehingga terjadi diare. Identifikasi ; Penyebab utama “Travelers diarrhea” orang-orang dari negara maju yang berkunjung ke negara berkembang.
Penyakit ini juga sebagai penyebab utama dehidrasi pada bayi dan anak di negara berkembang. Strain enterotoksigenik dapat mirip dengan Vibrio cholerae dalam hal menyebabkan diare akut yang berat (profuse watery diarrhea) tanpa darah atau lendir (mucus).


Gejala lain berupa kejang perut, muntah, asidosis, lemah dan dehidrasi dapat terjadi, demam ringan dapat/tidak terjadi; gejala biasanya berakhir lebih dari 5 hari. ETEC dapat diidentifikasi dengan membuktikan adanya produksi enterotoksin dengan teknik immunoassays, bioasay atau dengan teknik pemeriksaan probe DNA yang mengidentifikasikan gen LT dan ST (untuk toksin tidak tahan panas dan toksin tahan panas) dalam blot koloni. Penyebab Penyakit ; ETEC yang membuat enterotoksin tidak tahan panas (a heat labile enterotoxin = LT) atau toksin tahan panas ( a heat stable toxin = ST) atau memproduksi kedua toksin tersebut (LT/ST).


Distribusi Penyakit ; Penyakit yang muncul terutama di negara yang sedang berkembang. Dalam 3 tahun pertama dari kehidupan, hampir semua anak-anak di negara-negara berkembang mengalami berbagai macam infeksi ETEC yang menimbulkan kekebalan; oleh karena itu penyakit ini jarang menyerang anak yang lebih tua dan orang dewasa. Infeksi terjadi diantara para pelancong yang berasal dari negara-negara maju yang berkunjung ke negara-negara berkembang. Beberapa KLB ETEC baru-baru ini terjadi di Amerika Serikat. Reservoir ; Manusia. Infeksi ETEC terutama oleh spesies khusus; manusia merupakan reservoir strain penyebab diare pada manusia.
Cara Penularan ; Melalui makanan yang tercemar dan jarang, air minum yang tercemar. Khususnya penularan melalui makanan tambahan yang tercemar merupakan cara penularan yang 165 paling penting terjadinya infeksi pada bayi. Penularan melalui kontak langsung tangan yang tercemar tinja jarang terjadi.


E. coli enterohemoragik (EHEC) dan galur yang memproduksi verotoxin (VTEC).

Di Negara maju seperti Amerika Serikat dan Kanada, VTEC menyebabkan sejumlah kejadian luar biasa diare dan kolitis hemoragik. Penyakit ini bersifat akut dan bisa sembuh spontan, penyakit ini ditandai dengan gejala nyeri abdomen, diare disertai darah, gejala seperti ini merupakan komplikasi dari diare ringan. Identifikasi ;
Kategori E. coli penyebab diare ini dikenal pada tahun 1982 ketika terjadi suatu KLB colitis hemoragika di Amerika Serikat yang disebabkan oleh serotipe yang tidak lazim, E. coli O157:H7 yang sebelumnya tidak terbukti sebagai patogen enterik. Diare dapat bervariasi mulai dari yang ringan tanpa darah sampai dengan terlihat darah dengan jelas dalam tinja tetapi tidak mengandung lekosit.

Yang paling ditakuti dari infeksi EHEC adalah sindroma uremia hemolitik (HUS) dan purpura trombotik trombositopenik (TTP). Kira-kira 2-7% dari diare karena EHEC berkembang lanjut menjadi HUS. EHEC mengeluarkan sitotoksin kuat yang disebut toksin Shiga 1 dan 2. Toksin Shiga 1 identik dengan toksin Shiga yang dikeluarkan oleh Shigella dysentriae 1; (Article Source by Drh. Andrijanto Hauferson Angi, M.Si)





p.vulgaris

Struktur sel dan metabolisme

Spesies Proteus memiliki membran luar extracytoplasmic. Membran luar berisi lapisan ganda lipid, lipoprotein, polisakarida, dan lipopolisakarida. Tidak ada spora atau kapsul terbentuk.

P. vulgaris memperoleh energi dan elektron dari molekul organik. Terjadi fermentasi glukosa, sukrosa, galaktosa, gliserol dan kadang-kadang maltosa dengan produksi gas, tetapi tidak pernah laktosa, itu mencairkan gelatin, kasein, dan serum darah, mengental susu dengan produksi asam. Hal ini tidak terbatas pada rentang suhu tertentu, tetapi pertumbuhan yang baik terjadi pada 20 ° dan 30 °, sedangkan pertumbuhan adalah miskin pada 37 °.

P. vulgaris memiliki dua fitur yang menarik. Sel-sel sangat motil dan kerumunan di seluruh permukaan piring agar-agar, membentuk film yang sangat tipis bakteri. Ketika sel-sel berhenti dan mengalami siklus
pertumbuhan dan pembelahan, periode dipenuhi diselingi dengan periode dan koloni memiliki zonasi yang berbeda. Fitur lainnya adalah bahwa P. vulgaris dapat menghasilkan urease dan menurunkan urea menjadi amonia. Dengan zat basa urin, P. vulgaris membuat lingkungan lebih cocok untuk kelangsungan hidupnya.
ekologi

P. vulgaris dikatakan hadir di semua limbah, sumber konstan kontaminasi, yang merupakan media yang menguntungkan bagi pertumbuhan.

Dimana infeksi P. mirabilis cenderung menjadi komunitas-diperoleh, P. vulgaris lebih cenderung menyebabkan infeksi nosokomial. Untuk mencegah penularan patogen nosokomial di rumah sakit, kegigihan dari patogen nosokomial pada permukaan dinilai. Semakin lama patogen nosokomial tetap di permukaan, semakin lama mungkin menjadi sumber penularan dan dengan demikian ada kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan terkena pasien rentan atau rumah sakit personil. Hasilnya menunjukkan bahwa P. vulgaris bertahan 1-2 hari.

Untuk mengurangi risiko penularan patogen nosokomial dari permukaan benda mati kepada pasien rentan, desinfeksi permukaan secara spesifik tempat perawatan pasien dianjurkan. [6]
atologi
. vulgaris dan P. mirabilis adalah dua spesies Proteus umum yang terkait dengan infeksi manusia. Salah satu faktor virulensi yang diidentifikasi adalah bahwa mereka mengandung fimbriae. [7] kimia spesifik di ujung organisme memungkinkan pili untuk melampirkan ke situs yang dipilih. Karena adanya flagela peritrichouse, Proteus sangat motil. Infeksi yang paling umum disebabkan oleh genus ini adalah infeksi saluran kemih dan infeksi luka. P. mirabilis adalah agen utama dalam ISK. Proteus berlimpah dalam produksi urease. Urease membagi urea menjadi karbon dioksida (CO2) dan amonia (NH3). Amonia menyebabkan urin menjadi sangat basa (pH> 7), dan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Beberapa gejala infeksi Proteus termasuk nyeri panggul, hematuria, dan urin alkali persisten.

Pada hewan, beberapa strain Proteus bisa berbahaya sementara yang lain tidak. Proteus terisolasi dari muntahan pasien dengan daging-racun menyebabkan diare dan kematian jika diberikan pada tikus. Ketika Proteus berbudaya yang berbeda diberi makan dengan tikus, baik penyakit maupun kekebalan hadir. Ketika P. vulgaris disuntikkan ke dalam rongga peritoneal dari guinea pig, hal ini menyebabkan kematian yang cepat. Namun, ketika jumlah yang sama disuntikkan ke subcutis, sebuah nekrosis yang luas menghasilkan. Injeksi intravena pada kucing menyebabkan muntah, diare berdarah, dan kematian.
terapi antibiotik

Spesies Proteus sangat resisten terhadap antibiotik, sehingga infeksi dapat menjadi sulit untuk menyembuhkan. Plasmid mereka bertanggung jawab untuk menyebarkan gen-gen resistensi antibiotik dalam populasi mikroba. Banyak spesies Proteus memiliki beragam multi-obat tahan penanda yang dikodekan pada plasmid dipindahtangankan. Plasmid resisten dapat ditransfer dengan frekuensi mulai dari 2x10-4 untuk 4x10-2 per sel donor. Oleh karena itu, antibiotik-tahan plasmid spidol dapat dengan mudah ditransfer melalui konjugasi. Namun, sebagian besar penanda plasmid tidak dapat dipindahtangankan, yang mencerminkan karakteristik dari resistensi antibiotik.

Proteus vulgaris adalah yang paling tidak tahan terhadap ciprofloxacin dan sefotaksim, tetapi ketika diperkenalkan terhadap obat ini, dosis lebih tinggi dari "normal" harus digunakan. [8
Aksi lisozim pada Penisilin-induced Filamen P. vulgaris

Dosis rendah menyebabkan penisilin bakteri gram negatif untuk berubah menjadi filamen, tapi penisilin itu sendiri tidak ada kerugian untuk amplop sel dan dinding sel. Ayam putih telur lisozim, yang tidak mempengaruhi sel-sel normal dari P. vulgaris P 18, memodifikasi amplop filamen. [9]

Dosis rendah penisilin berhenti septation sel di P. vulgaris P 18 dan menyebabkan transformasi ke dalam filamen tanpa mengubah struktur amplop sel. Dalam penisilin-diinduksi filamen, lisozim menembus amplop sel dan terlarut lapisan paling dalam dari dinding sel. Tindakan penisilin disebabkan penghapusan penghalang untuk enzim ini. Akibatnya, dinding berlapis lima direduksi menjadi tiga lapis struktur. Ini struktur tiga-lapis berisi membran luar dan filamen itu berubah menjadi spheroplasts.
Proteus vulgaris adalah berbentuk batang, Gram negatif bakteri yang mendiami saluran usus manusia dan hewan. Hal ini dapat ditemukan dalam hal tanah, air dan tinja. Hal ini dikelompokkan dengan Enterobacteriaceae dan merupakan patogen oportunistik manusia. Hal ini diketahui menyebabkan infeksi saluran kemih dan infeksi luka.

Para Proteus jangka menandakan berubah-ubah bentuk, seperti yang dipersonifikasikan dalam puisi Homer di Proteus, "orang tua laut," yang cenderung pada sealflocks Poseidon dan memiliki karunia transformasi tak berujung. Penggunaan pertama istilah "Proteus" dalam nomenklatur bakteriologi dibuat oleh Hauser (1885) yang dijelaskan di bawah ini tiga jenis istilah organisme yang diisolasi dari daging busuk. Salah satu dari tiga spesies Hauser diidentifikasi adalah Proteus vulgaris sehingga organisme ini memiliki sejarah panjang dalam Mikrobiologi.

Selama dua dekade terakhir genus Proteus, dan P. vulgaris khususnya, telah mengalami sejumlah revisi taksonomi utama. Pada tahun 1982, P. vulgaris dipisahkan menjadi tiga biogroups berdasarkan produksi indol. Biogroup satu adalah indole negatif dan mewakili suatu spesies baru: P. penneri, sedangkan biogroup dua dan tiga tetap bersama sebagai P. vulgaris.



M.Morgani
organella morganii adalah spesies bakteri Gram-negatif basil [1]. Ini adalah oksidase-negatif dan melakukan respirasi anaerobik. Hal ini menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai Diare Musim Panas.

Morganella morganii, menjadi anggota dari suku Proteae Enterobacteriaceae keluarga, adalah basil Gram-negatif dengan dua subspesies: M. morganii dan M. sibonii. Bakteri ini ditemukan di lingkungan dan dalam saluran usus manusia dan organisme lainnya. Ada beberapa gejala yang dapat menyebabkan bakteri ini: sepsis, ecthyma, infeksi saluran endophthalmitis, choirioamnionitis, dan lebih umum kemih, infeksi kulit dan jaringan lunak, meningitis, dan artritis septik. Beberapa pengobatan mungkin termasuk penggunaan berbagai antibiotik atau kombinasi dari berikut: siprofloksasin, piperasilin atau tazobactam, amoksisilin / klavulanat asam, ceftriaxone, imipenem, dan cefuroxime monoterapi. Sebuah studi yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas di Heralkion, Crete, Yunani menunjukkan tingkat keberhasilan 92% dalam penggunaan antibiotik. Polymicrobial infeksi yang paling berlimpah disebabkan oleh mikroba yang merusak tambahan kulit, jaringan lunak, dan saluran urogenital dapat disembuhkan melalui penggunaan antibiotik tersebut.
Morganella morganii adalah batang gram negatif yang biasa ditemukan di lingkungan dan dalam saluran usus manusia, mamalia, dan reptil sebagai flora normal. Meskipun distribusi yang luas, merupakan penyebab umum dari infeksi yang didapat masyarakat dan yang paling sering ditemui dalam pengaturan nosokomial pasca operasi dan lainnya. M morganii infeksi merespon dengan baik untuk terapi antibiotik yang tepat, namun, resistensi alami terhadap banyak antibiotik beta-laktam dapat menyebabkan keterlambatan dalam pengobatan yang tepat.

Para Morganella genus milik Proteae suku Enterobacteriaceae keluarga. Para Proteeae, yang juga termasuk genera Proteus dan Providencia, adalah patogen oportunistik penting yang mampu menyebabkan berbagai macam infeksi nosokomial. Saat ini, Morganella hanya berisi spesies tunggal, M morganii, dengan 2 subspesies, morganii dan sibonii. M morganii sebelumnya diklasifikasikan dalam genus Proteus morganii sebagai Proteus.

Pada akhir 1930-an, M morganii telah diidentifikasi sebagai penyebab infeksi saluran kemih. Laporan anekdotal dari infeksi nosokomial mulai muncul dalam literatur pada 1950-an dan 1960-an. Tucci dan Isenberg melaporkan epidemi sekelompok infeksi M morganii terjadi selama periode 3-bulan di rumah sakit umum pada tahun 1977
 [1]. Dari infeksi ini, 61% adalah infeksi luka dan 39% adalah infeksi saluran kemih.
Kasus yang disajikan di sini adalah unik dan menarik karena M. morganii jarang menyebabkan sepsis dan hemolisis masif terkait dengan organisme dalam manusia belum pernah dilaporkan sebelumnya. Pasien ini dalam kondisi parah neutopenia yang membuatnya rentan terhadap bakteremia. Ketika kemoterapi sitotoksik yang digunakan untuk mengobati kanker, ia memiliki efek kuat pada kedua imunitas humoral dan seluler. Semua jenis infeksi yang dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi morbiditas dan mortalitas pada pasien yang menerima kemoterapi
(2). Dalam Enterobacteriaceae, genus M. morganii milik Proteeae suku, yang juga termasuk genera Proteus dan Providencia. Ini berada di mukosa kolon manusia sebagai flora normal. Hal ini juga diketahui bahwa hal itu dapat menyebabkan infeksi oportunistik, terutama di host immunocompromised. Sebagian besar infeksi M. morganii terkait dengan infeksi luka pasca operasi dan infeksi saluran kemih. Mylotte et al. melaporkan bahwa faktor risiko untuk infeksi M. morganii adalah usia tua, adanya penyakit serius yang mendasarinya, kehadiran rawat inap secara bersamaan bakteremia,, operasi terakhir, dan penggunaan antibiotik bersamaan. M. morganii infeksi tersebut tidak biasanya menyebabkan bakteremia. Namun, bakteremia disebabkan oleh infeksi M. morganii dapat dikaitkan dengan tingkat mortalitas 22-38%. Menurut review baru-baru ini diterbitkan, M. morganii sepsis sering terjadi sekunder pada saluran kemih atau infeksi saluran hepatobiliary. Ini dikaitkan dengan tingkat kematian yang tinggi, terutama untuk pasien dengan tumor padat, diabetes, polymicrobial bakteremia, dan pengobatan antibiotik yang tidak tepat. Portal utama masuknya M. morganii bakteremia adalah saluran kemih, diikuti oleh saluran hepatobiliary
(2). Hemolisis masif, komplikasi yang jarang namun terkenal dan Clostridium perfringens karakteristik, telah dilaporkan dalam kasus-kasus infeksi pasca-aborsi dan postpartum dan gangren gas
 (3). Pada infeksi C. perfringens, alfa-toksin menimbulkan lisis dari eritrosit. Hemolisis intravaskular ini disebabkan oleh toksin alpha, yang merupakan fosfolipase C lecithinase. Toksin alfa menghidrolisis sphingomyelin dan lecithine untuk fosforil kolin dan diglyceride dan, karenanya, dapat menyebabkan lisis sel darah merah, sel darah putih, platelet, dan sel endotel. Ada laporan bahwa Bacillus cereus, Vibrio vulnificus, dan Haemophilus influenzae juga dapat menyebabkan hemolisis intravaskular
(4). Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 56% dari strain M. morganii bisa menghasilkan hemolisin dan bahwa ada homologi genetik antara hemolisin M. morganii dan hemolisin alpha Escherichia coli. Telah dilaporkan bahwa M. morganii hemolisin menyebabkan hemolisis dengan menghasilkan pori-pori dalam membran eritrosit. M. morganii hemolisin mungkin juga menyebabkan kebocoran ATP dalam granulosit manusia, menyebabkan kematian sel. Produksi hemolisin ini tampaknya virulen mematikan. Aplikasi intranasal dari strain hemolitik pada tikus menyebabkan kematian dalam waktu singkat dan edema paru hemoragik ditemukan selama otopsi
 (5).
Kemoterapi-diinduksi efek samping dapat dianggap sebagai penyebab anemia hemolitik dan asidosis metabolik dalam kasus ini. Namun, belum dilaporkan bahwa agen-agen kemoterapi seperti paclitaxel dan carboplatin, yang diberikan pada pasien ini, menyebabkan salah hemolisis masif atau asidosis metabolik. Sindrom uremik hemolitik (HUS) harus disingkirkan sebagai penyebab kemungkinan hemolisis masif dalam kasus ini. Dalam HUS, kerangka waktu yang diharapkan dari perjalanan klinis adalah hari ke minggu dan fungsi kemih yang abnormal. Pasien ini menunjukkan penurunan yang cepat dalam perjalanan klinis bersama dengan hemolisis masif dan fungsi ginjal normal. Purpura trombositopenik trombotik (TTP) juga bisa menjadi penyebab anemia hemolitik. Namun, baik HUS atau TTP telah dikaitkan dengan obat-obatan. Berdasarkan temuan ini, kami pasien ini didiagnosis memiliki sepsis dengan hemolisis masif akibat M. morganii. Perjalanan klinis hemolisis diprovokasi oleh infeksi M. morganii tidak dikenal. Sejauh yang kami tahu, ini adalah kasus pertama dari sepsis M. morganii dengan hemolisis masif.
histamin. Keracunan histamin mengakibatkan penyakit HFP disebabkan oleh akumulasi jumlah histamin yang
dikonsumsi [5]. Gejala keracunan histamin ditandai dengan sakit kepala, pembengkakan lidah, kerongkongan terbakar,
mual, muntah–muntah, gatal–gatal dan diare [6,7]. Gejala awal langsung terasa 10 menit sampai 2 jam setelah
mengonsumsi makanan yang mengandung histamin tinggi [7].
Histamin merupakan senyawa amin yang dihasilkan dari proses dekarboksilasi histidin bebas (α-amina-β-inidosal asam
propionat) [8]. Proses pembentukan histamin pada ikan sangat dipengaruhi oleh aktivitas enzim L-Histidine
Decarboxylase (HDC) [9].
Berbagai jenis bakteri yang mampu menghasilkan enzim HDC, termasuk kelompok Enterobacteriaceae, misalnya:
Enterobacter agglomerans, Enterobacter cloacae, Enterobacter intermedium, Hafnia alvei, Klebsiella pneumoniae, dan
Morganella morganii [7]. Morganella morganii (Mm) merupakan bakteri yang sering digunakan dalam penelitian
mengenai histamin dan enzim HDC. Beberapa penelitian yang menggunakan Morganella morganii, di antaranya: isolasi
dan identifikasi Morganella morganii JD-37 sebagai bakteri pembentuk histamin dari ikan tongkol [10], produksi
histamin oleh Morganella morganii pada ikan makerel, albakor, mahi – mahi, dan salmon pada berbagai variasi suhu
penyimpanan [11], deteksi molekular pada bakteri penghasil histamin, Morganella morganii, pada ikan albakor,
makerel, sarden, dan pada pabrik pengolahan [12].
Bakteri pembentuk histamin sulit dideteksi secara langsung, karena jumlahnya sedikit dibandingkan bakteri lain pada
ikan segar yang ditangkap. Oleh karena itu, untuk mendeteksi bakteri-bakteri tersebut digunakan media khusus, yang
disebut agar diferensial Niven. Bakteri pembentuk histamin akan membentuk koloni berwarna ungu dengan latar
belakang medium berwarna kuning. Histamin yang terbentuk akan meningkatkan pH medium, sehingga terjadi
perubahan warna kuning menjadi ungu [13].
Penggunaan medium Niven memiliki kelemahan karena mempunyai pH yang rendah, sehingga sulit mendeteksi bakteri
pembentuk histamin yang tumbuh pada pH netral atau basa. Perubahan warna hanya terjadi apabila cukup banyak
histamin yang dihasilkan, karena itu medium Niven hanya akan mampu mendeteksi bakteri yang membentuk histamin
dalam jumlah yang banyak [10,14]. Oleh karena itu perlu digunakan medium lain yang mampu mendeteksi bakteri
pembentuk histamin dengan lebih baik. Dalam penelitian ini akan digunakan medium Niven yang dimodifikasi [15].
Pengurangan kadar histamin lebih baik dilakukan secara enzimatis, karena meskipun bakteri pembentuk histamin telah
mati, aktivitas enzim HDC akan tetap menghasilkan histamin. Oleh karena itu, perlu upaya untuk menghambat aktivitas
enzim HDC, sehingga histamin tidak terbentuk [16]. Proses awal pengurangan histamin secara penghambatan enzim
dilakukan dengan mengisolasi enzim tersebut dari bakteri yang membentuk kadar histamin tinggi, sehingga dapat diteliti
aktivitas enzim tersebut.
Penelitian tentang isolasi enzim HDC dari bakteri pembentuk histamin telah banyak dilakukan, namun penelitian tentang
enzim HDC dari isolat –isolat bakteri indegenous dari ikan peda belum pernah dilakukan [17]. Dalam tulisan ini akan
diuraikan mengenai seleksi bakteri, kemampuan memproduksi, serta pola pertumbuhan dan waktu optimum untuk
produksi histamin enam isolat bakteri yang diteliti.





s.dysentriae

dysenteriae adalah kecil, uncapsulated, non-motil, Gram-negatif basil (berbentuk batang).
dysenteriae ditemukan di seluruh dunia tetapi berkonsentrasi di daerah di mana penduduk menderita kekurangan gizi dan berdesak-desakan dan tidak memiliki pengelolaan limbah yang memadai dan pasokan air minum yang aman. S. dysenteriae telah menyebabkan disentri endemik di Afrika, Asia Tenggara, dan anak benua India. Manusia adalah satu-satunya host alami untuk S. dysenteriae, meskipun lalat dapat berfungsi sebagai vektor untuk transmisi dari S. dysenteriae telah ditemukan dalam makanan dan air yang terkontaminasi, organisme ini umumnya bertahan buruk di luar tubuh manusia. dysenteriae menyebabkan ancaman yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat dengan menyebabkan Shigellosis, terutama di negara-negara berkembang. Shigellosis terkait dengan 5-15% kasus diare dan 30-50% kasus disentri di seluruh dunia. Pada anak-anak kurang gizi, Shigellosis dapat menyebabkan lingkaran setan "absoprtion gangguan gizi lanjut, infeksi berulang, dan keterbelakangan pertumbuhan." Tanpa perawatan yang tepat, Shigellosis bisa menjadi hidup mengancam. dysenteriae pertama kali diisolasi oleh Kiyoshi Shiga pada tahun 1896 dari tinja penderita disentri. Ketika budaya organisme diumpankan ke anjing, diare terjadi. Shiga menunjukkan bahwa organisme berulang kali bersatu bila terkena serum pasien disentri.

Struktur Genom
Genom terdiri dari 1 kromosom sirkuler yang mengandung 4.369.232 nt (4.664 gen). Sebuah plasmid mengandung 182.726 nt (224 gen) juga telah diurutkan. dysenteriae telah ditunjukkan untuk berbagi banyak kesamaan dengan genom spesies Shigella lain dan dengan yang dari E.coli K12 regangan MG1655, tetapi masing-masing memiliki "lebih dari 200 pseudogen, 300 ~ 700 salinan dari urutan penyisipan (IS) unsur, dan penghapusan banyak, insersi, translokasi dan inversi. " Unsur-unsur genom menunjukkan bahwa penyusunan ulang genom yang luas dan mutasi terjadi setelah spesies berevolusi dari satu nenek moyang. Spesies Shigella menunjukkan keragaman besar gen virulensi, yang sebagian besar diperoleh melalui bakteriofag-dimediasi transfer gen lateral (proses dimana satu sel DNA transfer bakteri ke sel bakteri melalui virus yang disebut bakteriofag).
Patologi
Shigella dysenteriae tipe 1 menghasilkan gejala penyakit parah kolektif disebut Shigellosis, yang mungkin terkait dengan komplikasi yang mengancam jiwa. Gejala-gejala dari Shigellosis termasuk diare dan disentri, bersama dengan sering tinja berdarah dan kram perut berlendir. S. Gejala-gejala dari Shigellosis termasuk diare dan disentri, bersama dengan sering tinja berdarah dan kram perut berlendir. S. Organisme berkembang biak dalam sel epitel kolon, menyebabkan kematian sel, dan menyebar lateral untuk menginfeksi dan membunuh sel-sel epitel yang berdekatan (Lihat rincian lebih lanjut di bawah ini di bagian efek sitotoksik). Organisme berkembang biak dalam sel epitel kolon, menyebabkan kematian sel, dan menyebar lateral untuk menginfeksi dan membunuh sel-sel epitel yang berdekatan (Lihat rincian lebih lanjut di bawah ini di bagian efek sitotoksik). Infeksi menyebabkan ulserasi peradangan, mukosa dan perdarahan. [2] Dalam kasus yang paling serius, Shigellosis dapat menyebabkan gagal ginjal akut, disebut sindrom uremik hemolitik (HUS), dan juga dapat menyebabkan kelainan SSP.
Ekologi
Shigella Shigella berinteraksi dengan manusia, primata lain, dan lalat. Manusia
bertindak sebagai tuan rumah untuk infeksi, yang menyebabkan disentri basiler.
Lalat dapat bertindak sebagai sarana transportasi bagi bakteri, menyebar ke host lain.
Shigella Shigella dapat bertahan hidup dalam bahan faecally terkontaminasi yang
dapat mencakup air, makanan, dan bahan lainnya. Hal ini dapat ditularkan melalui
kontak orang-ke-orang. Hal ini umumnya ditularkan dengan konsumsi air dan
makanan yang terkontaminasi dengan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan epidemi
bawaan makanan atau ditularkan melalui air. Air mungkin terkontaminasi jika
seseorang yang memiliki Shigellosis berenang di dalamnya. Tanaman dapat
terkontaminasi dengan bakteri jika mereka disiram dengan air yang terkontaminasi.
Hal ini akan menyebabkan masalah besar jika tanaman ini terkontaminasi ini
kemudian didistribusikan melalui kawasan yang luas, memperlihatkan siapa saja
yang makan tanaman terhadap infeksi. Epidemi lebih mungkin di negara-negara
miskin tanpa sanitasi yang memadai dan sistem pengolahan air.
Patologi
Shigella dysenteriae menyebabkan Shigellosis (disentri basiler) pada manusia. Ini
juga diketahui menyebabkan disentri pada primata lainnya, tetapi tidak pada hewan
lain. Infeksi dapat disebabkan oleh sedikitnya sepuluh sel bakteri, sedangkan bakteri
lain membutuhkan jutaan sel untuk infeksi. Hal ini disebabkan potensi toksin Shiga.
Infeksi dimulai dengan bakteri memasuki saluran gastro-intestinal melampirkan
dirinya pada dinding usus. Bakteri menyerang sel inang menginjeksikan di dalamnya
toksin Shiga. Hal ini mengakibatkan degenerasi permukaan, menyebabkan
kebocoran darah. Lampiran toksin Shiga ke sel-sel permukaan usus mencegah sel-sel
dari menyerap nutrisi dan air, yang dapat menyebabkan dehidrasi.
Toksin Shiga memiliki tiga efek pada tubuh manusia: neurotoksik, enterotoxic, dan
sitotoksik. efek neurotoksik lihat sakit demam dan perut. efek Enterotoxic mengacu
pada pemblokiran penyerapan di usus dengan melampirkan dirinya ke reseptor dalam
usus. efek sitotoksik mengacu pada invasi dari toksin Shiga pada sel epitel. Beta
subunit dari mengikat toksin Shiga ke glikolipid dari sel inang, suntik subunit alpha
melalui endositosis. Sub-unit alpha menyerang ribosom, menonaktifkan unit
ribosomal 60s bertanggung jawab untuk sintesis protein. Ini akhirnya menyebabkan
kematian sel, kerusakan pada lapisan usus dan perdarahan.
Gejala umum disentri bacillary termasuk diare berdarah akut, nyeri perut dan kram,
demam, muntah, dehidrasi, dan tenesmus. Sebuah infeksi yang lebih parah dapat
mengakibatkan komplikasi yang lebih parah seperti sindrom uremik hemolitik, yang
berkembang di 5 sampai 10 persen pasien. Mortalitas dari sindrom uremik hemolitik
pendekatan 5 persen, tetapi sampai 30 persen pasien yang bertahan memiliki
penyakit ginjal kronis [4] Pasien,. Dalam kasus-kasus yang lebih parah, juga bisa
menderita radang inflamasi.
Shigellosis dapat mengatasi sendiri dalam beberapa hari, tetapi pada anak-anak kecil
dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi bisa lebih parah,
mengakibatkan rumah sakit atau kematian. Setelah seseorang menjadi terinfeksi,
mereka tidak mungkin terinfeksi dengan strain khusus lagi, karena kemampuan tubuh
untuk menghasilkan antibodi. Namun, mereka bisa infeksi baru dengan jenis lainnya
Shigella Shigella. Perawatan termasuk penerapan antibiotik. Antibiotik yang akan
membunuh bakteri di dalam saluran pencernaan, memperpendek umur dan
karenanya memperpendek jalannya infeksi. Beberapa agen anitmicrobial digunakan
untuk mengobati desentery bacillary termasuk siprofloksasin, ampisilin,
trimethoprim-sulfamethoaxzole, dan asam nalidiksat. obat lain yang digunakan untuk
mengobati efek lain dari disentri seperti dehidrasi.
Saat penelitian
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Shigella Shigella, serta spesies lain dalam
genus, menjadi signifikan lebih tahan terhadap antibiotik di Amerika Serikat.
Perlawanan ini telah membuat kasus infeksi oleh Shigella Shigella lebih sulit untuk
mengobati, terutama pada anak-anak. Shigella menjadi lebih tahan terhadap
perlakuan yang menggunakan ampisilin dan trimetoprim-sulfametoksazol (TMP-
SMX). Isolat Shigella disurvei selama empat tahun, dan ada kecenderungan umum
dalam meningkatkan angka resistensi terhadap agen animicrobial. isolat Shigella
Shigella juga mengembangkan resistensi terhadap asam nalidiksat. Hal ini juga
menemukan bahwa resistensi ini tidak terbatas pada negara-negara Serikat. Shigella
Shigella isolat menjadi lebih tahan terhadap agen antimikroba di bagian lain dunia
juga.

Ekologi
Shigella Shigella berinteraksi dengan manusia, primata lain, dan lalat. Manusia
bertindak sebagai tuan rumah untuk infeksi, yang menyebabkan disentri basiler.
Lalat dapat bertindak sebagai sarana transportasi bagi bakteri, menyebar ke host lain.
Shigella Shigella dapat bertahan hidup dalam bahan faecally terkontaminasi yang
dapat mencakup air, makanan, dan bahan lainnya. Hal ini dapat ditularkan melalui
kontak orang-ke-orang. Hal ini umumnya ditularkan dengan konsumsi air dan
makanan yang terkontaminasi dengan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan epidemi
bawaan makanan atau ditularkan melalui air. Air mungkin terkontaminasi jika
seseorang yang memiliki Shigellosis berenang di dalamnya. Tanaman dapat
terkontaminasi dengan bakteri jika mereka disiram dengan air yang terkontaminasi.
Hal ini akan menyebabkan masalah besar jika tanaman ini terkontaminasi ini
kemudian didistribusikan melalui kawasan yang luas, memperlihatkan siapa saja
yang makan tanaman terhadap infeksi. Epidemi lebih mungkin di negara-negara
miskin tanpa sanitasi yang memadai dan sistem pengolahan air.
Patologi
Shigella dysenteriae menyebabkan Shigellosis (disentri basiler) pada manusia. Ini
juga diketahui menyebabkan disentri pada primata lainnya, tetapi tidak pada hewan
lain. Infeksi dapat disebabkan oleh sedikitnya sepuluh sel bakteri, sedangkan bakteri
lain membutuhkan jutaan sel untuk infeksi. Hal ini disebabkan potensi toksin Shiga.
Infeksi dimulai dengan bakteri memasuki saluran gastro-intestinal melampirkan
dirinya pada dinding usus. Bakteri menyerang sel inang menginjeksikan di dalamnya
toksin Shiga. Hal ini mengakibatkan degenerasi permukaan, menyebabkan
kebocoran darah. Lampiran toksin Shiga ke sel-sel permukaan usus mencegah sel-sel
dari menyerap nutrisi dan air, yang dapat menyebabkan dehidrasi.
Toksin Shiga memiliki tiga efek pada tubuh manusia: neurotoksik, enterotoxic, dan
sitotoksik. efek neurotoksik lihat sakit demam dan perut. efek Enterotoxic mengacu
pada pemblokiran penyerapan di usus dengan melampirkan dirinya ke reseptor dalam
usus. efek sitotoksik mengacu pada invasi dari toksin Shiga pada sel epitel. Beta
subunit dari mengikat toksin Shiga ke glikolipid dari sel inang, suntik subunit alpha
melalui endositosis. Sub-unit alpha menyerang ribosom, menonaktifkan unit
ribosomal 60s bertanggung jawab untuk sintesis protein. Ini akhirnya menyebabkan
kematian sel, kerusakan pada lapisan usus dan perdarahan.
Gejala umum disentri bacillary termasuk diare berdarah akut, nyeri perut dan kram,
demam, muntah, dehidrasi, dan tenesmus. Sebuah infeksi yang lebih parah dapat
mengakibatkan komplikasi yang lebih parah seperti sindrom uremik hemolitik, yang
berkembang di 5 sampai 10 persen pasien. Mortalitas dari sindrom uremik hemolitik
pendekatan 5 persen, tetapi sampai 30 persen pasien yang bertahan memiliki
penyakit ginjal kronis [4] Pasien,. Dalam kasus-kasus yang lebih parah, juga bisa
menderita radang inflamasi.
Shigellosis dapat mengatasi sendiri dalam beberapa hari, tetapi pada anak-anak kecil
dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi bisa lebih parah,
mengakibatkan rumah sakit atau kematian. Setelah seseorang menjadi terinfeksi,
mereka tidak mungkin terinfeksi dengan strain khusus lagi, karena kemampuan tubuh
untuk menghasilkan antibodi. Namun, mereka bisa infeksi baru dengan jenis lainnya
Shigella Shigella. Perawatan termasuk penerapan antibiotik. Antibiotik yang akan
membunuh bakteri di dalam saluran pencernaan, memperpendek umur dan
karenanya memperpendek jalannya infeksi. Beberapa agen anitmicrobial digunakan
untuk mengobati desentery bacillary termasuk siprofloksasin, ampisilin,
trimethoprim-sulfamethoaxzole, dan asam nalidiksat. obat lain yang digunakan untuk
mengobati efek lain dari disentri seperti dehidrasi.
Saat penelitian
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Shigella Shigella, serta spesies lain dalam
genus, menjadi signifikan lebih tahan terhadap antibiotik di Amerika Serikat.
Perlawanan ini telah membuat kasus infeksi oleh Shigella Shigella lebih sulit untuk
mengobati, terutama pada anak-anak. Shigella menjadi lebih tahan terhadap
perlakuan yang menggunakan ampisilin dan trimetoprim-sulfametoksazol (TMP-
SMX). Isolat Shigella disurvei selama empat tahun, dan ada kecenderungan umum
dalam meningkatkan angka resistensi terhadap agen animicrobial. isolat Shigella
Shigella juga mengembangkan resistensi terhadap asam nalidiksat. Hal ini juga
menemukan bahwa resistensi ini tidak terbatas pada negara-negara Serikat. Shigella
Shigella isolat menjadi lebih tahan terhadap agen antimikroba di bagian lain dunia
juga.



















s.sonnei

Shigella adalah genus gamma proteobacteria dalam keluarga Enterobacteriaceae. Shigellae adalah Gram-negatif, nonmotile, non-spora membentuk, bakteri berbentuk batang, sangat erat kaitannya dengan Escherichia coli.

Shigellosis

Shigellosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh berbagai spesies Shigella. Orang yang terinfeksi dengan Shigella mengembangkan diare, demam dan kram perut mulai satu atau dua hari setelah mereka terkena bakteri. Diare sering berdarah. Shigellosis biasanya sembuh dalam 5 sampai 7 hari, namun pada beberapa orang, terutama anak muda dan orang tua, diare bisa begitu parah sehingga pasien perlu dirawat di rumah sakit. Sebuah infeksi berat dengan demam tinggi juga dapat dikaitkan dengan kejang pada anak kurang dari 2 tahun. Beberapa orang yang terinfeksi mungkin tidak memiliki gejala sama sekali, tapi masih dapat mengirimkan bakteri kepada orang lain.

Shigella ditemukan lebih dari 100 tahun lalu oleh ahli mikrobiologi Jepang, Shiga, untuk siapa genus bernama. Ada empat spesies Shigella: S. boydii, S. dysenteriae, S. flexneri, dan S. sonnei. Shigella sonnei, juga dikenal sebagai Grup D Shigella, account selama lebih dari dua pertiga dari Shigellosis di Amerika Serikat. Shigella flexneri, atau Grup B Shigella, account untuk hampir semua sisanya. Jenis lain dari Shigella yang langka di negeri ini, meskipun mereka adalah penyebab penting penyakit di negara berkembang. Salah satu jenis, Shigella dysenteriae tipe 1, menyebabkan epidemi mematikan di daerah berkembang dan bangsa.
diagnosa
Menentukan bahwa Shigella merupakan penyebab dari penyakit ini tergantung pada tes laboratorium yang mengidentifikasi bakteri dalam tinja orang yang terinfeksi. Beberapa tes mungkin tidak dilakukan secara rutin, sehingga laboratorium bakteriologi harus diinstruksikan untuk mencari organisme. Laboratorium juga dapat melakukan tes untuk menentukan jenis Shigella yang terlibat, dan yang antibiotik, jika ada, akan menjadi yang terbaik untuk pengobatan.



pengobatan
Shigellosis biasanya dapat diobati dengan antibiotik. Antibiotik yang umum digunakan adalah ampisilin, trimetoprim / sulfametoksazol (juga dikenal sebagai kotrimoksazol), asam nalidiksat dan fluorokuinolon, siprofloksasin. Perawatan yang tepat membunuh bakteri hadir dalam saluran pencernaan dan memperpendek perjalanan penyakit.

Beberapa Shigella telah menjadi resisten terhadap antibiotik dan penggunaan antibiotik yang tidak tepat untuk mengobati Shigellosis dapat membuat organisme lebih tahan di masa depan. Orang dengan infeksi ringan biasanya akan sembuh dengan cepat tanpa pengobatan antibiotik. Karena itu, ketika banyak orang dalam masyarakat dipengaruhi oleh Shigellosis, antibiotik kadang-kadang digunakan secara selektif untuk mengobati hanya kasus-kasus yang lebih parah. Agen anti diare seperti loperamide (Imodium) atau diphenoxylate dengan atropin (Lomotil) cenderung membuat penyakit lebih buruk dan harus dihindari.
Sindrom Reiter
Orang dengan diare biasanya sembuh sepenuhnya, meskipun mungkin beberapa bulan sebelum kebiasaan buang air besar mereka sepenuhnya normal. Sekitar 3% dari orang yang terinfeksi dengan Shigella flexneri selanjutnya dapat mengembangkan nyeri pada persendian mereka, iritasi mata, dan nyeri buang air kecil. Kondisi ini disebut sindrom Reiter. Hal ini dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dan dapat menyebabkan radang sendi kronis yang sulit untuk mengobati. Sindrom Reiter merupakan komplikasi akhir dari infeksi S. flexneri, terutama pada orang dengan kecenderungan genetik tertentu, yaitu HLA-B27. [Leukocyte Antigen Manusia B27 (HLA-B27) adalah kelas I antigen permukaan di kompleks histokompatibilitas utama (MHC) pada kromosom 6 dan menyajikan antigen mikroba ke T-sel. HLA-B27 telah sangat terkait dengan seperangkat penyakit autoimun tertentu disebut sebagai "spondyloarthropathies seronegatif".]

Hemolitik uremic Syndrome (HUS)
Sindrom uremik hemolitik (HUS) dapat terjadi setelah S. dysenteriae tipe 1 infeksi. Kejang dapat terjadi pada anak-anak; mekanisme mungkin terkait dengan tingkat yang cepat elevasi suhu atau perubahan metabolik, dan berhubungan dengan produksi toksin Shiga, yang dibahas di bawah.
Transmisi

Shigella adalah ditularkan dari orang yang terinfeksi ke yang lain biasanya dengan rute fekal-oral. Shigella yang hadir dalam tinja diare dari orang yang terinfeksi saat mereka sedang sakit dan untuk satu atau dua minggu sesudahnya. Kebanyakan infeksi Shigella adalah hasil dari bakteri lewat dari tinja atau jari kotor dari satu orang ke mulut orang lain. Hal ini terjadi ketika kebersihan dasar dan kebiasaan mencuci tangan tidak memadai. Hal ini sangat mungkin terjadi di antara balita yang tidak sepenuhnya toilet terlatih. Anggota keluarga dan teman-teman bermain anak-anak tersebut berada pada risiko tinggi terinfeksi. Penyebaran Shigella dari orang yang terinfeksi ke orang lain dapat dihentikan dengan cuci tangan sering dan hati-hati dengan sabun, dilakukan oleh semua kelompok umur.

Sebagian dari alasan untuk efisiensi transmisi karena inokulum yang sangat kecil (10 sampai 200 organisme) sudah cukup untuk menyebabkan infeksi. Akibatnya, dapat terjadi dengan mudah menyebar melalui rute fekal-oral dan mudah terjadi dalam pengaturan di mana kebersihan yang buruk.

Epidemi mungkin bawaan makanan atau air. Infeksi Shigella dapat diperoleh dari makan makanan yang telah terkontaminasi oleh penjamah makanan yang terinfeksi. Sayuran dapat menjadi terkontaminasi jika mereka dipanen dari lapangan dengan limbah yang terkontaminasi atau dimana bidang buang air besar pekerja yang terinfeksi. Shigella juga dapat ditularkan oleh lalat. Lalat dapat berkembang biak dalam kotoran yang terinfeksi dan kemudian mencemari makanan. Infeksi Shigella dapat diperoleh dengan minum atau berenang di air yang terkontaminasi. Air bisa terkontaminasi jika limbah berjalan ke dalamnya, atau bahkan jika seseorang dengan Shigellosis atau mandi berenang atau, lebih buruk, buang air besar, di dalamnya.

Imunitas dan Vaksin

Sekali seseorang telah memiliki Shigellosis, mereka tidak mungkin untuk mendapatkan terinfeksi dengan jenis tertentu lagi untuk setidaknya beberapa tahun. Namun, mereka masih dapat terinfeksi jenis lain Shigella. Agaknya, kekebalan ini adalah karena IgA sekretorik. Antibodi yang bersirkulasi juga dapat dideteksi pada individu kekebalan tubuh. Meskipun CMI mungkin tidak dikesampingkan, respon imun selular tidak efektif melawan Shigella pada model binatang, dan Shigella-spesifik limfosit T sitotoksik belum diisolasi dari individu sembuh.

Selain itu, faktor yang memungkinkan bakteri untuk mengoptimalkan gaya hidup dalam usus manusia mungkin juga telah diakuisisi oleh sarana transmisi gen horizontal dari bakteri enterik lain dalam usus setelah akuisisi dari virulensi prototypic plasmid. Contoh dari hal ini adalah akuisisi melalui transfer horizontal gen antigen O-, seperti yang hadir pada virulensi plasmid S. sonnei, dan inaktivasi selanjutnya pribumi O-gen antigen (30). Keragaman Serotypic karena variasi antigen O Shigella terlihat di antara strain. Keragaman tersebut kemungkinan memfasilitasi penghindaran dari respon host kekebalan humoral.

Deskripsi dan signifikansi

Shigella sonnei adalah non-motil, nonspore-membentuk, fakultatif anaerob bakteri Gram-negatif. Non-motil berarti karakteristik bahwa spesies ini tidak memiliki flagela untuk memfasilitasi pergerakan yang seperti banyak enterobacteria manusia lainnya. Shigella sonnei adalah bakteri batang-bentuk dan merupakan bakteri fermentasi laktosa menyebabkan disentri (4). Shigella sonnei sangat rapuh dalam pengaturan percobaan. Habitat alami adalah dalam lingkungan pH rendah seperti saluran pencernaan manusia. Suhu optimal lingkungan adalah 37 derajat Celcius, sama dengan suhu dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, saluran pencernaan manusia tampaknya menjadi tuan rumah alami hanya ditemukan Shigella sonnei yang kita ketahui sejauh ini.

Shigella sonnei pertama kali berhasil diisolasi dari pasien berusia 5 tahun di Jepang (2). Ini adalah bakteri yang terkait erat dengan E. coli. Hal itu diketahui dari awal bahwa Shigella sonnei berhubungan dengan E. coli, bagaimanapun, Shigella telah berkembang dari strain yang berbeda dari E. coli. Karena rute evolusi jauh dari kesamaan dari genom E. coli, Shigella telah diklasifikasikan sebagai spesies lain. Karena Shigella yang sangat berkembang genom, ini telah menjadi patogen manusia yang sangat spesifik karena kemajuan evolusioner yang luas melibatkan keuntungan terus-menerus dan hilangnya fungsi komparatif untuk E. coli (4).

Di kedua negara maju dan berkembang, penyakit Sh
Struktur Genom

Shigella sonnei memiliki genom DNA sirkular. Ini menggunakan kode gen kromosom dan plasmid baik untuk virulensi nya (9). Spesies ini telah mengalami untuk menyelesaikan sekuensing genom. Ini memiliki ukuran genom ~ 4Mb. Kromosom Shigella sonnei memiliki asal yang sama dan terminus replikasi seperti yang E. coli, ini tidak hanya berarti bahwa mereka secara evolusi terkait tetapi menunjukkan bahwa kemungkinan besar mereka menggunakan mekanisme seluler yang sama untuk meniru. Ada sifat biokimia sangat sedikit yang dapat membedakan Shigella sonnei dari E. coli. Dalam semua genom Shigella, operon rRNA, urutan yang sangat kekal antara prokariota, peta kira-kira posisi yang relatif sama seperti di E. coli menunjukkan bahwa Shigella sonnei dan E. coli tidak melalui rekombinasi DNA antara operon rRNA ( 4).

Fitur yang paling menarik tentang Shigella sonnei dan semua spesies lain dari Shigella adalah bahwa genom mereka sangat dinamis (9). Mereka knalpot penggunaan elemen urutan penyisipan (IS-elemen) dalam menggambarkan genom mereka dinamis dalam hal menyebabkan penataan ulang DNA konstan seperti penghapusan, translokasi, dan inversi (4). Ini adalah melalui penggunaan IS-elemen yang berbeda dari kumparan E. spesies Shigella lainnya. Ini adalah bukti bahwa kromosom Shigella memiliki situs inversi pada asal-usulnya dari situs replikasi dan Termini yang dapat memungkinkan rekombinasi "hotspot" untuk penyisipan unsur bergerak bakteri lain genom (4). Hal ini juga melalui penggunaan IS-elemen yang Shigella Shigella sonnei dan spesies dapat dicirikan sebagai sangat virulen. Seperti semua spesies Shigella lainnya, Shigella sonnei memiliki plasmid yang meningkatkan toksisitas dari mikroba untuk menjadi tuan rumah mereka atau organisme lain di sekitar mereka. Mereka menghasilkan suatu racun yang disebut "racun Shiga". Ini adalah semacam unik dari toksin yang bekerja toksisitas dalam tubuh dalam berbagai cara yang akan membawa potensi bahaya ke neuron, sitoplasma sel dan sel-sel epitel enterik (2).
Struktur sel dan metabolisme

Shigella sonnei adalah bentuk batang, Gram-negatif bakteri. Membran luarnya diisi dengan lipopolyscharride (LPS), karakteristik umum dari bakteri Gram-negatif. Komponen O-antigen LPS di Shigella sonnei ditandai berbeda antara spesies lain dari Shigella. Selain itu, LPS dari bakteri ini memainkan peran penting dalam virulensi bakteri.

Sejauh ini kita hanya tahu bahwa Shigella sonnei dapat bertahan dalam tubuh manusia, oleh karena itu, mekanisme infeksi S. sonnei mendefinisikan kemampuan untuk hidup. S. sonnei, seperti spesies Shigella yang paling, menghabiskan sebagian besar waktu selama infeksi intraseluler dan sangat mobile dalam sel dengan polimerisasi aktin (2).

Tidak seperti banyak bakteri patogen lainnya, S. sonnei tidak menggunakan flagela untuk chemotoxicity dan invasi jaringan. Tanpa flagela, S. sonnei sering dapat melepaskan diri dari sistem kekebalan tubuh manusia dari TLR-5 (pulsa seperti reseptor) yang biasanya menengahi imunitas bawaan dan adaptif dengan mendeteksi domain dilestarikan pada bakteri yang menggunakan flagellin untuk motilitas (3). Meskipun S. sonnei tidak dapat dianggap sebagai bakteri motil karena tidak memiliki flagellin untuk gerakan, namun, ia memfasilitasi gerakan dengan menggunakan mekanisme atipikal motilitas, polimerisasi aktin oleh. Mekanisme tersebut tidak dikenal oleh sistem kekebalan tubuh manusia dan juga merupakan jenis mekanisme motil yang menghemat energi (3).

Metabolisme:

Fermentasi laktosa adalah properti biokimia umum digunakan untuk untuk membedakan Shigella dari bakteri coli E. terkait erat. Namun, isolat S. sonnei memfermentasi laktosa pada banyak proses yang lebih lambat dibandingkan spesies lain dari Shigella (2). Sifat biokimia yang unik dari S. sonnei dapat dijelaskan genetik. Dalam genom Sd197 dan Ss046 gen kunci lacZ, pengkodean beta-D-galaktosidase, yang melekat pada pengkodean gen untuk fungsi transportasi lacY galaktosa. Banyak dari gen dalam S. sonnei dikategorikan sebagai pseudogen. Pseudogen adalah urutan genetik secara sporadis terletak di S. sonnei genom. Mereka tunduk pada peluruhan pada waktu tertentu. Sifat dan tujuan masih tetap sulit dipahami pseudogene (1, 2). Hasil dari sporadis hilang gen transportasi galactoside fungsional di S. sonnei menjelaskan proses fermentasi laktosa lambat karena fakta bahwa pseudogene tunduk pada konstanta peluruhan dari situs aslinya dari daerah dikodekan awal (1,2,4).

Banyak mekanisme metabolisme S. sonnei tetap sulit karena dianggap menjadi mahluk yang lebih berkembang dari serogrup Shigella lainnya. S. sonnei dikenal kurang virulen dibandingkan spesies Shigella lain karena tidak membunuh inangnya segera. Mungkin ini juga menjelaskan mengapa S. sonnei sekarang Shigellosis paling umum yang menyebabkan spesies yang meliputi sebagian besar negara-negara maju.





S.Typhi

Tifoid berasal dari bahasa Yunani yang berarti “smoke”, karena terjadi penguapan panas tubuh serta gangguan kesadaran disebabkan demam yang tinggi. Penularan penyakit ini hampir selalu terjadi melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh kuman tifoid. Penularan penyakit ini terjadi karena makanan dan minuman, urin atau feases manusia yang tercemar kuman tifoid. Kuman masuk ke dalam tubuh bersama makanan atau minuman yang tercemar melalui lambung, kelenjar limfoid, usus halus dan kemudian masuk ke dalam peredaran darah. Bakteri tersebut masuk ke dalam peredaran darah berlangsung singkat, terjadi 24 – 72 jam tetapi belum menimbulkan gejala. Setelah akhir masa inkubasi 120 – 216 jam bakteri tersebut melepaskan endotoksin, menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan gejala demam tifoid. Penyebab penyakit Typus ( Hepatitis A atau dulu orang menyebutnya sbg penyakit kuning krn seluruh tubuh si penderita berwarna kekuningan ) adalah bakteri bernama SALMONELLA TYPHI.

Sumber penyebab hepatitis, lebih banyak disebabkan kuman yang menempel di bekas cucian gelas, sendok, piring dan sebagainya dengan kondisi air cucian yang tak diganti, tangan yang kotor. Bakteri ini umumnya terdapat dalam makanan yang sudah basi, daging mentah, maupun kotoran.

Ciri-ciri umum orang terkena typus adalah awalnya pusing seperti mau flu, demam disertai nyeri, mual dan lemas, panas, perut terasa mual dan sebah (penuh), badan terasa tidak enak dan lekas capek. Salmonella typhi merupakan bakteri penyebab diare yang disertai demam tifoid (tifoid fever) yang diawali demam lebih dari seminggu dan kondisi tubuh seseorang seperti akan menderita flu. Demam sukar turun walau sudah minum obat dan disertai nyeri kepala yang hebat.

Kelas : Psilopsida
Ordo : Psilotales
Family : Psilotaceae
Genus : Salmonella
Species : Salmonella typhi

Habitat Inang bagi Salmonella adalah usus halus manusia dan hewan. Makanan dan minuman terkontaminasi merupakan mekanisme transmisi kuman Salmonella dan carrier adalah sumber infeksi. Salmonella typhi bisa berada dalam air, es, debu, sampah kering yang bila organisme ini masuk ke dalam vehicle yang cocok (daging, kerang dan sebagainya) akan berkembang biak mencapai dosis infekti.

Dimensi Bakteri berbentuk batang, tidak berspora dan tidak bersimpai tetapi mempunyai flagel feritrik (fimbrae), pada pewarnaan gram bersifat gram negatif, ukuran 2 - 4 mikrometer x 0.5 - 0.8 mikrometer dan bergerak. Salmonella typhi merupakan bakteri fakultatif intraseluler. Salmonella juga memiliki dua pathogenicity island yaitu SPI-1 dan SPI-2. SP-2 mengandung gen esensial untuk infeksi sistemik, replikasi intraseluler dan TTSS (type III secretion system) yang melindungi bakteri untuk tetap hidup dari proses degradasi.

Potensi Demam tifoid yang disebabkan oleh Salmonella typhi merupakan penyakit sistemik, bersifat endemik, dan masih merupakan problema kesehatan diberbagai Negara berkembang di dunia.

Salmonella typhi memiliki protein adhesin type-] fimbriae sebagai faktor virulensi yang berpotensi imunogenik untuk membentuk SigA protektif guna menghambat proses adhesi dan kolonisasi sehingga tahap awal infeksinya dapat dicegah. Fisiologis Pada umumnya isolat kuman Salmonella dikenal dengan sifat sifat, gerak positif, reaksi fermentasi terhadap manitol dan sorbitol positif dan memberikan hasil negatif pada reaksi indol, laktosa, Voges Praskauer dan KCN. Sebagian besar isolat Salmonella yang berasal dari bahan klinik menghasilkan H2S. Samonella thypi hanya membentuk sedikit H2S dan tidak membentuk gas pada fermentase glukosa. Pada agar SS,Endo,
EMB dan MacConkey koloni kuman berbentuk bulat, kecil dan tidak berwana, pada agar Wilson Blair koloni kuman berwarna hitam berkilat logam akibat pembentukan H2S

almonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne.[1] Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida.[2] Salmonella dinamai dari Daniel Edward Salmon, ahli patologi Amerika, walaupun sebenarnya, rekannya Theobald Smith (yang terkenal akan hasilnya pada anafilaksis) yang pertama kali menemukan bakterium tahun 1885 pada tubuh babi.[3][4]


Patogenitas

Salmonella adalah penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan (foodborne diseases).[5] Pada umumnya, serotipe Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan.[5] Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella disebut salmonellosis.[5] Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh Salmonella.[5] Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah.[5] Tiga serotipe utama dari jenis S. enterica adalah S. typhi, S. typhimurium, dan S. enteritidis.[6] S. typhi menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), karena invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan/intoksikasi.[6] Gejala demam tifus meliputi demam, mual-mual, muntah dan kematian.[6] S. typhi memiliki keunikan hanya menyerang manusia, dan tidak ada inang lain.[6] Infeksi Salmonella dapat berakibat fatal kepada bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya serta orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh mereka yang menurun.[7] Kontaminasi Salmonella dapat dicegah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.[7]

[sunting] Media tumbuh

Untuk menumbuhkan Salmonella dapat digunakan berbagai macam media, salah satunya adalah media Hektoen Enteric Agar (HEA).[8] Media lain yang dapat digunakan adalah SS agar, bismuth sulfite agar, brilliant green agar, dan xylose-lisine-deoxycholate (XLD) agar.[9] HEA merupakan media selektif-diferensial.[8] Media ini tergolong selektif karena terdiri dari bile salt yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan beberapa gram negatif, sehingga diharapkan bakteri yang tumbuh hanya Salmonella.[8] Media ini digolongkan menjadi media diferensial karena dapat membedakan bakteri Salmonella dengan bakteri lainnya dengan cara memberikan tiga jenis karbohidrat pada media, yaitu laktosa, glukosa, dan salisin, dengan komposisi laktosa yang paling tinggi.[8] Salmonella tidak dapat memfermentasi laktosa, sehingga asam yang dihasilkan hanya sedikit karena hanya berasal dari fermentasi glukosa saja.[9] Hal ini menyebabkan koloni Salmonella akan berwarna hijau-kebiruan karena asam yang dihasilkannya bereaksi dengan indikator yang ada pada media HEA, yaitu fuksin asam dan bromtimol blue.[9]









S.TYPHINURIUM
Deskripsi dan signifikansi

Salmonella typhimurium adalah patogen bakteri Gram-negatif didominasi ditemukan dalam lumen usus. Toksisitas adalah karena membran luar sebagian besar terdiri dari lipopolisakarida (LPS) yang melindungi bakteri dari lingkungan. LPS terdiri dari antigen O-, inti polisakarida, dan A lipid, yang menghubungkan ke membran luar. Lipid A terdiri dari dua glucosamines terfosforilasi yang melekat pada asam lemak. Kelompok-kelompok fosfat menentukan toksisitas bakteri. Hewan membawa enzim yang khusus menghilangkan kelompok-kelompok fosfat dalam upaya untuk melindungi diri dari patogen ini [4]. O-antigen, berada di bagian terluar dari kompleks LPS bertanggung jawab atas respon kekebalan host. S. typhimurium memiliki kemampuan untuk menjalani asetilasi dari antigen O-, yang mengubah konformasi, dan membuat sulit untuk antibodi untuk mengenali [5].
Struktur sel dan metabolisme

S. typhimurium dapat mensekresikan molekul sinyal kecil yang disebut autoinducers. Gen LuxS bertanggung jawab untuk memulai serangkaian reaksi transfer fosfat yang menghasilkan molekul ini dan memungkinkan untuk sel untuk komunikasi sel. Gula senyawa, sebaiknya glukosa, mengaktifkan LuxS dan konsentrasi autoinducer yang dihasilkan meningkat dengan konsentrasi substrat bakteri sampai habis. Pada titik ini autoinducer yang terdegradasi dan dapat didaur ulang oleh sel bakteri. Quorum sensing ini memungkinkan sel untuk menentukan potensi metabolisme lingkungan [1] [2].
ekologi

Salmonella typhimurium menginfeksi dengan datang dalam kontak langsung dengan sel nonphagocytic. Kontak ini menginduksi pembentukan pelengkap pada permukaan sel bakteri. Para pelengkap terbentuk lebih pendek dari flagela, tetapi lebih tebal dari kedua flagella dan pili. Mereka menyebabkan sitoskeleton host untuk mengatur ulang yang memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam sel. Sistem mengacak-acak membran adalah karena 14 gen pada kromosom S. typhimurium. Gen-gen inv bertanggung jawab atas kumpulan dan emisi / penarikan pelengkap tersebut. Semua gen inv harus utuh untuk sistem ini untuk bekerja. Salah satu gen, invC, bertanggung jawab untuk ATPase yang menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses mengacak-acak [11].
patologi

Salmonella typhimurium menyebabkan gastroenteritis pada manusia dan mamalia lainnya. Ketika sel-sel bakteri memasuki sel epitel yang melapisi usus mereka menyebabkan inang sel yang mengacak-acak sementara kerusakan mikrovili pada permukaan sel. Hal ini menyebabkan aliran sel darah putih ke dalam mukosa, yang melempar dari rasio antara penyerapan dan sekresi, dan menyebabkan diare. Pada tikus S. typhimurium menyebabkan gejala yang menyerupai demam tifoid pada manusia. Mempelajari bakteri ini pada tikus akhirnya dapat menyebabkan vaksin tifoid [7] [8] [9].
Aplikasi untuk Bioteknologi

Salmonella typhimurium telah digunakan untuk menyelidiki kemampuannya untuk memberikan DNA ke sel antigen presentasi (APC) untuk memproduksi vaksin kanker. Studi menunjukkan bahwa S. typhimurium telah mampu memulai suatu respon kekebalan tubuh sebagai akibat langsung dari DNA yang mengandung Semoga percobaan ini akan mengarah pada kemampuan untuk mengirim urutan DNA spesifik yang akan menimbulkan respon imun yang tepat untuk menghilangkan "vektor ekspresi eukariotik." tumor atau kanker sel [13].
Genus Salmonella berisi lebih dari 2.000 sero-spesies dan merupakan salah satu patogen yang paling penting dalam keluarga Enterobacteriaceae. Taksonomi, semua strain Salmonella jatuh dalam satu spesies, S. enterica tapi ini tata-nama, belum tertangkap dan genus terus diakui oleh nama-nama spesies populer, banyak nama berdasarkan serotipe dan wabah.

Salmonella adalah Gram-negatif, fakultatif anaerob bakteri dari keluarga Enterobacteriaceae, yang terdiri dari nonspore pembentuk batang, motil dengan flagela biasanya peritrichous. Mereka memanfaatkan sitrat sebagai sumber karbon tunggal dan glukosa umumnya fermentasi tetapi tidak sukrosa atau laktosa.

Salmonella enterica serovar typhimurium adalah antara serovarian Salmonella paling umum yang menyebabkan infeksi Salmonellosis di AS. Pada manusia, Salmonellosis menyebabkan diare, demam, dan kram perut 12-72 jam setelah infeksi dan dapat berlangsung sampai 7 hari. Beberapa kasus mengakibatkan rumah sakit. Salmonella adalah mudah ditularkan melalui feses orang atau hewan. Insiden salmonellosis non-typhoid (yang disebabkan oleh Salmonella enterica typhi) meningkat di seluruh dunia, menyebabkan jutaan infeksi dan banyak kematian pada populasi manusia setiap tahun.

Sekuensing genom dari dua bakteri Salmonella (S. typhimurium LT2 dan S. enterica serovar Typhi (S. typhi), harus mengarah pada cara-cara baru untuk mendiagnosa, mengobati dan vaksinasi terhadap kedua penyakit. Membandingkan urutan juga harus menjelaskan mengapa terkait erat bakteri berperilaku cukup berbeda typhimurium memiliki citra publik kurang mengkhawatirkan, tetapi merupakan masalah kesehatan lebih besar dari tipus, diperkirakan oleh para peneliti harus minimal 30 kali lipat dilaporkan.. Mungkin ada ratusan juta kasus setiap tahun di dunia dan usus-tinggal Salmonella dapat membunuh dua kali lebih banyak orang - sebagian besar bayi dan orang tua - seperti tipus.

Urutan typhimurium mengungkapkan 50 gen yang sebelumnya tidak dikenal yang kode untuk protein pada permukaannya. Ini adalah potensi vaksin atau obat target sebagai versi melemah dapat digunakan untuk memberikan vaksin dan obat kanker.












s.enteriditis

Telur-terkait salmonellosis merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Sebuah bakteri, Salmonella enteritidis, dapat berada di dalam sangat normal-muncul telur, dan jika telur yang dimakan mentah atau kurang matang, bakteri dapat menyebabkan penyakit. Selama tahun 1980-an, penyakit terkait dengan telur terkontaminasi terjadi paling sering di Amerika Serikat timur laut, tapi sekarang penyakit yang disebabkan oleh S. enteritidis yang meningkat di bagian lain negara juga. Konsumen harus menyadari penyakit dan belajar bagaimana untuk meminimalkan kemungkinan menjadi sakit.

Seseorang yang terinfeksi dengan bakteri Salmonella enteritidis biasanya memiliki demam, kram perut, dan diare mulai 12-72 jam setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Penyakit biasanya berlangsung 4 sampai 7 hari, dan orang-orang kebanyakan bisa sembuh tanpa pengobatan antibiotik. Namun, diare dapat berat, dan orang mungkin cukup sakit untuk memerlukan rawat inap.

Orang tua, bayi, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang terganggu mungkin memiliki penyakit yang lebih parah. Pada pasien ini, infeksi dapat menyebar dari usus ke aliran darah, dan kemudian ke situs tubuh lainnya dan dapat menyebabkan kematian kecuali orang itu segera diobati dengan antibiotik.
Salmonella enteritidis
Apa yang dimaksud dengan enteritidis Salmonella (SE) Infeksi?
Salmonella enteritidis (SE) adalah salah satu dari dua jenis yang paling umum Salmonella
dilaporkan di Amerika Serikat dan di California. Pada pertengahan 1980-an, suatu epidemi SE
infeksi, karena telur terkontaminasi muncul di Amerika Serikat timur laut dan
Kemudian, selama dekade berikutnya, menyebar ke selatan dan barat. Wabah SE
infeksi yang terkait dengan telur mencapai California di pertengahan tahun 1990.
SE bisa di dalam telur muncul normal dan, jika telur yang dimakan mentah atau
matang, bakteri dapat menyebabkan penyakit. Masalah telur terkait telah
menurun secara signifikan di California dan wabah baru-baru ini saja karena lainnya
kendaraan seperti kacang almond mentah, jus jeruk tidak dipasteurisasi, dan kacang hijau mentah
kecambah.
Dari 1994 sampai 1996, lebih dari 2.000 SE infeksi diidentifikasi setiap tahun di
California. Dan, antara tahun 1994 dan 1999, 12-18 SE wabah diidentifikasi masing-masing
tahun; sebagian besar wabah ini adalah karena telur matang dan telur
piring. Kemudian, pada tahun 2001-2003, jumlah infeksi SE di California turun menjadi 600
untuk 750 infeksi setiap tahun dan jumlah wabah SE menurun ke 1 untuk 3 per
tahun.
Seseorang yang terinfeksi dengan bakteri SE biasanya memiliki demam, kram perut, dan
diare mulai 12 jam untuk seminggu setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi atau
minuman. Penyakit biasanya berlangsung 4 sampai 7 hari, dan orang-orang yang paling sembuh tanpa
pengobatan antibiotik. Namun, diare dapat berat, dan kadang-kadang orang
dengan infeksi aliran darah mungkin memerlukan rawat inap.
Orang tua, bayi, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah mungkin memiliki lebih
parah penyakit. Pada pasien ini, infeksi dapat menyebar dari usus ke
aliran darah dan kemudian ke situs tubuh lain, dan dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati segera
dengan antibiotik.
Bagaimana telur menjadi terkontaminasi?
Kebanyakan jenis Salmonella hidup dalam saluran usus hewan dan burung dan
ditularkan kepada manusia oleh makanan yang terkontaminasi berasal dari hewan. Ketat prosedur untuk
membersihkan dan memeriksa telur diterapkan pada 1970 dan telah membuat
salmonellosis yang disebabkan oleh kontaminasi tinja eksternal dari kulit telur yang sangat langka.
Namun, dalam waktu belakangan ini, wabah SE juga diikuti konsumsi bersih, utuh,
grade A telur. Alasannya adalah bahwa SE diam-diam dapat menginfeksi ovarium yang sehat-muncul
ayam dan mencemari isi telur sebelum cangkang terbentuk.
Negara Bagian California September 2005
Departemen Pelayanan Kesehatan
2
Hanya sejumlah kecil ayam tampaknya terinfeksi dengan SE pada waktu tertentu, dan
ayam yang terinfeksi dapat bertelur banyak yang normal dan hanya kadang-kadang berbaring telur terkontaminasi
dengan bakteri Salmonella sebelum kembali untuk meletakkan yang normal, telur yang tidak terinfeksi.
Siapa yang bisa terinfeksi?
Siapa saja dapat terinfeksi, namun orang tua, bayi, dan orang yang lemah
sistem kekebalan tubuh berada pada peningkatan risiko untuk penyakit serius. Dalam orang-orang, bahkan
relatif sejumlah kecil bakteri Salmonella dapat menyebabkan penyakit parah. Sebagian besar
kematian yang disebabkan oleh infeksi SE telah terjadi di kalangan orang tua di panti jompo.
Telur yang mengandung hidangan disiapkan untuk orang-orang berisiko tinggi mana saja, tapi terutama di
rumah sakit, di rumah jompo, dan di pusat penitipan anak, harus dipersiapkan dengan
dipasteurisasi telur.
Apa resiko?
Di bagian yang terkena dampak dari Amerika Serikat, sekitar satu dari 50 konsumen rata-rata mungkin
terkena terkontaminasi telur setiap tahun. Jika telur yang dimasak dengan matang atau
dipasteurisasi, organisme Salmonella akan hancur dan tidak akan membuat orang
sakit. Banyak hidangan dibuat di restoran atau dapur komersial atau institusional, bagaimanapun,
terbuat dari telur dikumpulkan. Jika 500 telur dikumpulkan, satu batch dalam 20 dapat
terkontaminasi dan semua orang yang makan telur setengah matang dari batch yang dapat di
risiko. Risiko seseorang untuk infeksi yang sehat dengan SE rendah jika telur secara individual dipersiapkan adalah
baik dimasak atau makanan yang dibuat dari telur yang telah dipasteurisasi.
Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkait telur SE infeksi
Telur, seperti daging, susu unggas, dan makanan lainnya, harus ditangani dengan benar. Shell telur
yang paling aman ketika mereka disimpan dalam kulkas, lalu dimasak dengan matang, dan
segera dikonsumsi. Semakin besar jumlah organisme Salmonella hadir dalam
telur, semakin besar kemungkinan untuk menyebabkan penyakit. Menjaga telur memadai berpendingin
mencegah setiap hadir Salmonella pada telur dari tumbuh ke nomor yang lebih besar, sehingga telur
harus diadakan didinginkan sampai mereka dibutuhkan. Dengan hukum California, telur mentah shell
harus disimpan dalam lemari es oleh perusahaan komersial (misalnya, toko kelontong dan
restoran). Memasak mengurangi jumlah bakteri hadir dalam telur, namun, sebuah
telur dengan kuning meler masih menimbulkan risiko yang lebih besar daripada telur benar-benar matang.
Putih telur setengah matang dan kuning telah dikaitkan dengan wabah SE
infeksi.
Bagaimana Anda dapat mengurangi risiko infeksi Salmonella enteritidis:
• Jauhkan telur didinginkan.
• Buang retak atau telur yang kotor.
• Cuci tangan dan peralatan masak dengan sabun dan air hangat setelah kontak dengan
telur mentah.
• Makan telur segera setelah memasak. Jangan menyimpan telur hangat selama lebih dari 2 jam.
Negara Bagian California September 2005
Departemen Pelayanan Kesehatan
3
• Dinginkan sisa makanan yang mengandung telur.
• Hindari makan telur mentah (seperti dalam es krim buatan sendiri atau eggnog yang mengandung baku
telur).
• Hindari hidangan restoran dibuat dengan baku (dipasteurisasi) telur yang tidak dimasak.
Restoran harus menggunakan telur yang telah dipasteurisasi dalam resep apapun (seperti Hollandaise
saus atau saus Caesar salad) yang menyerukan penyatuan sejumlah besar telur.
• Gunakan telur yang telah dipasteurisasi ketika mempersiapkan hidangan telur untuk populasi beresiko
parah komplikasi dari salmonellosis. Perawatan rumah, pensiun
masyarakat, pusat penitipan anak, dan rumah sakit harus menggunakan telur yang telah dipasteurisasi
bukannya shell telur mentah.
• Hindari kacang almond mentah, jus yang tidak dipasteurisasi, dan tauge mentah hijau (pada kenyataannya,
menghindari kecambah mentah) dan tidak melayani barang-barang untuk populasi berisiko
parah komplikasi dari salmonellosis.
Apa lagi yang sedang dilakukan?
Instansi pemerintah dan industri telur telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi telur terkait
SE wabah. Langkah-langkah ini termasuk mengidentifikasi dan menghapus ternak ayam yang terinfeksi
dari pasokan telur dan menjamin kualitas dan sanitasi. Di California, California
Program Jaminan Kualitas Telur dimulai pada tahun 1994, 98% dari peternakan telur dan
produsen sekarang bagian dari program ini. Kepatuhan terhadap program ini telah membantu mempromosikan
kontrol baru-baru ini masalah terkait infeksi telur SE di California.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar